Friday, July 20, 2018

Keuntungan dan Kelebihan Memiliki Situs Jual Beli untuk Usaha

Keuntungan dan Kelebihan Memiliki Situs Jual Beli - Di zaman yang serba digital ini sistem pemasaran memang berkembang begitu pesat. Sekarang sudah tidak zaman lagi pemasaran door to door lewat sales. Era digital lebih didominasi dengan situs belanja online untuk transaksi jual beli.


Sebagai pelaku urusan ekonomi tentu saja kita harus mengikuti perkembangan tersebut. Ini alasannya yaitu konsumen pun cenderung beralih ke dunia digital dalam mencari kebutuhan apapun. Pesan atau belanja lewat online di internet sekarang bukan sesuatu yang asing.

Banyak dari kita yang masih setengah hati dikala diberi saran untuk membuka toko online meski kita melaksanakan urusan ekonomi jual beli. Jangan hanya mengandalkan promosi dengan media sosial, berjam-jam menghabiskan waktu melaksanakan update yang belum tentu dilihat orang.

Tahukah anda, hal ini sangat menyedihkan memang bila hanya mengandalkan dari sisi promosi untuk promosi perjuangan anda. Coba lihat toko-toko besar, mereka memiliki situs jual beli sendiri dan sekaligus mempromosikan produknya di media sosial, kesannya tentu tidak mampu disamakan dengan urusan ekonomi kita.

Kenapa kita harus memiliki sendiri toko online tersebut? Sebenarnya tidak harus namun bila kita ingin membidik pasar yang lebih luas dan tidak terbatas kawasan maka cara ini memang sangat efektif bila diterapkan. Dengan memiliki situs jual beli sendiri maka kita mampu mempromosikan barang dagangan kita ke banyak sekali orang di penggalan kawasan lain.

Hal ini tentu sangat efektif untuk meningkatkan persentase penjualan kita. Tapi sebelum kita memutuskan memulai hal ini ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu mengenai toko online tersebut. Akan kita pelajari apa saja keuntungan dan kelebihan media promosi ini semoga kita yakin dalam menjalankannya. Coba amati beberapa situs berikut!
  • Situs jual beli barang bekas online
  • Situs jual beli online terpercaya
  • Situs jual beli mobil
  • Situs jual beli motor
  • Situs jual beli online terbaik
  • Situs jual beli barang bekas
  • Situs jual beli online penipu
  • Situs jual beli rumah

Tahukah anda kenapa ada yang membuat situs-situs tersebut? Sebagai media promosi online, situs jual beli memang memiliki banyak keunggulan dan keuntungan bila dibanding dengan cara promosi biasa atau konvensional.

Setidaknya ada beberapa catatan yang mampu kita garis bawahi berkaitan dengan kelebihan tersebut yaitu dari aspek biaya, jangkauan dan juga pengelolaan. Hal ini tentu mampu mendukung kita yang berniat memulai perjuangan modal kecil. Agar lebih terperinci mari kita bahas satu per satu.

Kelebihan Situs Jual Beli (Toko Online)

 

Tak usah di pilih bila tak menunjukkan kelebihan bila dibanding dengan sistem yang telah kita jalankan sebelumnya. Untuk toko online memang memiliki beberapa kelebihan bila dibanding dengan toko offline.

Setidaknya ada beberapa sisi yang menunjukkan kelebihan tersebut. Akan kita perjelas banyak sekali sisi kelebihan tersebut semoga kita lebih yakin dan paham benar perihal peluang sukses dalam memulai urusan ekonomi ini.

Biaya Lebih Murah

Benarkah membuat situs jual beli online lebih murah? Ya, bila kita bandingkan dengan membuat toko offline tentu saja toko online ini mampu dikatakan hanya memerlukan modal kecil, beberapa ratus ribu pun sudah cukup untuk membuat situs jual beli baru.

Coba kita bandingkan, bila membuat toko biasa pertama kita memerlukan gedung. Untuk gedung sendiri pun biayanya sudah cukup besar apalagi bila ditambah dengan biaya pengadaan produk.

Jika mendirikan toko online kita tidak perlu mendirikan gedung, kita cukup menyediakan uang untuk sewa domain dan hosting yang harganya tak lebih dari 500 ribu, cukup murah bukan? Sedangkan untuk barang kita mampu menerapkan sistem "pesan dulu", dengan sistem ini kita cukup memajang gambar dan deskripsi produk yang akan dijual.

Setelah ada pemesanan gres kita menyiapkan produk yang diminta tersebut. Cukup praktis dan murah bukan? Kalau dilihat dari sisi biaya ini maka membuka urusan ekonomi jual beli online tentu sangat mudah bagi kita dalam artian modal yang diperlukan mampu berjalan ber-iringan dengan kemajuan toko yang dibuat.

Jangkauan Lebih Luas
Kalau melihat dari aspek jangkauan pelanggan tentu toko online memiliki jangkauan konsumen yang lebih luas, setidaknya mampu meliputi satu negara tertentu. Cukup menggiurkan bila kita ingin memperluas jaringan perjuangan kita.

Dengan jangkauan ini sudah tentu kita mampu membidik konsumen dari kawasan lain, tentu sistem yang digunakan yaitu melalui sistem pesan dimana kita akan memanfaatkan penyedia jasa pengiriman untuk menghantarkan barang dagangan kepada pemesan. Dengan begitu pelanggan atau pembeli kita mampu dari mana pun sepanjang mereka menggunakan internet.

Gambaran peluangnya menyerupai ini, bila produk kita untuk konsumen khusus misalnya ibu rumah tangga maka kita mampu mengenalkan produk tersebut ke seluruh ibu rumah tangga di negara kita khususnya untuk mereka yang menjadi pengguna internet.

Kalau dalam satu hari ada seribu orang yang melihat dagangan kita kira-kira berapa yang akan menjadi pembeli? Bagaimana bila hal ini berjalan terus-menerus, berapa banyak yang mampu kita hasilkan?

Pengelolaan Lebih Mudah
Tidak sama dengan toko biasa memang, untuk menjalankan situs tersebut kita harus mengelolanya dengan baik. Tapi damai saja, untuk pengelolaan tidaklah begitu sulit, tanpa memindahkan barang tanpa takut barang amis dan berkurang kualitasnya. Kita hanya mengelola banyak sekali item gambar dan deskripsi produk yang kita tampilkan.

Itu kalau untuk menjalankan saja, acara lain mungkin akan berkutat pada problem pemesanan dimana kita akan menangani pesanan masuk, mengecek pembayaran dan melaksanakan pengiriman barang. Semua itu lebih mudah bila toko yang kita buat sudah berjalan.

Meski tidak mampu dikatakan mudah namun banyak sekali kelebihan tersebut tentu menunjukkan keuntungan sendiri bagi kita penjual. Dengan adanya situs ini pekerjaan kita akan lebih mudah, ringan dan mampu dijalankan dari dalam rumah dengan hasil sesuai kinerja kita. Cukup menjanjikan bukan peluang perjuangan tersebut?

Keuntungan Memiliki Toko Online Sendiri

 

Kalau tadi sudah dibahas banyak sekali kelebihan atau keunggulan dari situs tersebut sekarang kita bahas apa saja keuntungan yang mampu diberikan toko online yang kita buat. Setidaknya ada beberapa poin keuntungan yang mampu kita dapatkan bila kita membuka toko online. Berbagai keuntungan tersebut yaitu antara lain:
  • Item (produk) yang dipromosikan tidak terbatas
  • Pasar yang mampu dibidik lebih luas
  • Biaya promosi relatif murah
  • Pembuatan dan pengelolaannya murah
  • Bisa menerima penghasilan tambahan
Keuntungan pertama yang mampu didapat dengan membuat toko online adalah kita mampu menjual produk apa saja sesuka hati. Kita mampu menyebabkan toko tersebut layaknya pasar yang menyediakan banyak sekali kebutuhan. Tentu saja dengan catatan yang mampu dikirimkan dengan jasa pengiriman.

Yang kedua, menyerupai yang sudah dijelaskan di atas, dengan menggunakan toko ini kita mampu membidik pasar yang lebih luas tidak hanya di kawasan kita saja bahkan mampu hingga luar negeri. Apabila produk yang kita jual memiliki kualitas yang memadai bukan tidak mungkin kita mampu meraup keuntungan yang besar dari urusan ekonomi ini.

Selain itu situs lebih mudah dikelola dan mampu dikelola hanya dari rumah. Kita tidak perlu repot-repot bangkit pagi menjajakan barang di pasar, mampu kita atur kapan jam kerja kita secara lebih fleksibel. Ya, situs jual beli memang solusi meningkatkan penjualan anda.

Keuntungan selanjutnya yaitu dengan situs tersebut kita juga mampu menerima penghasilan sampingan yaitu misalnya dengan membuka iklan untuk promosi orang lain. Kalau situs kita pengunjungnya sudah banyak maka penghasilan ini pun mampu lumayan atau bahkan mampu melebihi hasil penjualan kita. Bagaimana, cukup bagus bukan?

Gambaran dan penjelasan di atas hanya untuk ilustrasi mengenai keunggulan memiliki situs jual beli online, pada praktiknya, meski memiliki begitu banyak keuntungan dan kelebihan namun menjalankan urusan ekonomi jual beli secara online juga bukan tanpa hambatan. Semua tetap harus disertai dengan kerja keras dan kejujuran bila ingin sukses.

Yang jelas, bila kita telah memiliki toko sendiri dan berniat melebarkan sayap lalu mengapa tidak mencoba urusan ekonomi jual beli online dengan memanfaatkan toko online tersebut? Sudah banyak dongeng suksesnya, tinggal giliran kita mau menjadi orang sukses berikutnya atau tidak?