Tuesday, August 1, 2017

Ingin Sukses Bisnis Pakaian, Coba Tips Mengembangkan Butik Baju Berikut!

Tips Mengembangkan Bisnis Butik Pakaian - Berbeda dengan jenis urusan ekonomi di bidang kuliner, urusan ekonomi jual beli di bidang pakaian ini tingkat penjualannya memang lebih lama. Hal ini alasannya yaitu tentunya tidak setiap hari orang akan membeli baju gres alasannya yaitu baju bisa dipakai berbulan-bulan.

Tips Mengembangkan Bisnis Butik Pakaian
Foto: Ilustrasi/smartbisnis
Maka dari itu, untuk mengembangkan perjuangan butik diperlukan taktik komplemen yang bisa dilakukan. Kali ini kita akan membahas aneka macam macam tips dan juga kita seputar perjuangan ini biar bisa lebih sukses.

Selain di kawasan yang ramai atau di kota besar, perjuangan pakaian semacam ini kebanyakan akan mengalami sepi pembeli. Pembeli akan ramai dan mulai meningkat hanya dikala menghadapi hari raya idul fitri atau lebaran saja. Ini tentu menjadi masalah tersendiri bagi kita yang memang berniat fokus dan total dalam menggeluti perjuangan ini.

Maka dari itu perlu ada pengelolaan yang baik serta rencana pengembangan yang terarah biar perjuangan ini bisa berjalan, lebih maju dan bisa sukses. Sebagai contoh saja, sebaiknya kita memahami bagaimana cara berbagi urusan ekonomi butik dan cara mengatasi kendalanya sekaligus.

Tanpa adanya perjuangan dan tindakan konkret yang benar-benar terarah dan bersiklus maka perjuangan ini akan lebih sulit untuk maju. Tanpa dipikirkan, di analisa dan dicarikan solusi yang sempurna maka akan sangat mungkin perjuangan yang berjalan hanya bisa berjalan saja.

Usaha bisa berjalan tanpa ada perkembangan dan bahkan semakin tahun akan semakin menyusut. Untuk menghindari hal tersebut berikut beberapa tips dan kiat dalam berbagi urusan ekonomi butik yang bisa kita lakukan.

1) Hindari menjual dengan sistem hutang
Pertama, perhatikan masalah sistem penjualan. Kalau di kota besar mungkin kita tidak akan mengalami yang namanya sistem penjualan di hutang. Namun dalam beberapa kasus sering kali kita harus menghadapi masalah ini dimana pakaian yang kita jual dihutang oleh pelanggan.

Untuk skala perjuangan ini, sebaiknya hindari menawarkan penjualan dengan sistem hutang. Ingat, menawarkan hutang (kredit baju) pada satu pelanggan sama saja menawarkan hutang kredit kepada semua pelanggan. 

Sebaiknya sistem ini dihindari alasannya yaitu resiko macet dari pelanggan sangat besar, kalau sudah macet maka akan sulit bagi kita untuk membukukan keuntungan. Sebisa mungkin dari awal sebaiknya kita hindari sistem ini.

Bahkan meski kita menaikkan harga jualnya namun hal ini tetap kurang efektif mengingat kita akan menghadapi banyak konsumen yang menginginkan pelayanan yang sama. Kecuali kalau dari awal perjuangan kita memang perjuangan sistem kredit.

2) Pilih produk yang cepat laku
Bagi perjuangan butik yang masih tergolong gres dan memiliki keterbatasan modal maka akan lebih baik kalau kita memilih produk yang perputarannya lebih cepat. Dengan begitu tidak akan ada kekosongan pemasukan atau kas pada perjuangan kita.

Contohnya, kita bisa memilih jenis produk yang lebih cepat laku misalnya modelnya cepat berganti atau produk yang harganya murah.

Selain itu kita juga bisa memilih jenis produk pakaian anak mulai dari pakaian bayi, balita, dan anak-anak.

Ini akan menawarkan kita perputaran penjualan yang lebih cepat alasannya yaitu anak akan lebih sering membutuhkan baju gres baik alasannya yaitu cepat rusak maupun alasannya yaitu pertumbuhan usia yang semakin besar. Kalau kita memilih produk yang harganya mahal maka resikonya yaitu penjualan akan lebih lama.

3) Hindari mengajukan derma kredit
Untuk masalah peminjaman kredit perjuangan sebaiknya benar-benar diperhitungkan sesuai dengan skala dan kondisi usaha. Jika usaha butik pakaian kita tersebut masih tergolong gres maka sebaiknya kita tahan dulu dan kita hindari peminjaman modal.

Hal ini sebaiknya kita lakukan mengingat kekuatan keuangan perjuangan belum begitu besar sehingga resiko tanggungan kita akan lebih besar.

Kita bisa melaksanakan analisa atau mengukur kemampuan dengan menghitung jumlah laba bersih yang kita dapat per bulan. Ingat, yang kita hitung yaitu laba atau keuntungan yang kita dapat bukan jumlah uang yang kita dapat.

Contohnya, kalau kita membukukan penjualan sebesar 10 juta setiap bulan maka nilai tersebut harus kita potong terlebih dahulu dengan biaya modal pakaian yang sudah terjual, biaya pekerja dan lain sebagainya.

Setelah di dapat laba bersih dari pendapatan tersebut barulah kita kalkulasikan laba tersebut dengan administrasi yang ada. Nilai rata-rata laba bersih yang di dapat setiap bulannya harus lebih besar dari jumlah tanggungan kredit yang akan kita ajukan.

4) Buat pembukuan teratur
Pembukuan akan membantu kita menganalisa aneka macam hal yang berkaitan dengan perjuangan yang sedang kita jalankan. Menerapkan pembukuan atau administrasi pencatatan yang baik akan merekam semua kegiatan yang dijalankan perjuangan kita.

Ini akan memiliki kegunaan untuk mengetahui aneka macam isu vital dalam sebuah usaha. Sebagai contoh kita dapat mengetahui perkembangan penjualan dari bulan ke bulan dengan melihat laba yang diperoleh.

Kita juga bisa mengukur semua beban yang dimiliki oleh perjuangan tersebut dan terpenting kita juga bisa mengetahui kemampuan atau kekuatan perjuangan yang telah kita kembangkan. Secara keseluruhan kita dapat mengetahui bagaimana perkembangan perjuangan kita dari hari ke hari.

5) Berikan produk dan pelayanan terbaik
Untuk dapat berbagi urusan ekonomi pakaian ini dengan baik maka produk dan pelayanan berkualitas merupakan hal mutlak yang harus kita sajikan. Maka dari itu kita harus senantiasa menawarkan yang terbaik untuk pelanggan sesuai dengan apa yang seharusnya mereka dapatkan.

Dengan memelihara kualitas produk dan pelayanan maka kita akan secara tidak eksklusif memelihara kepercayaan pelanggan terhadap kita.

6) Kembangkan produk, kembangkan pemasaran
Pada satu titik manakala urusan ekonomi butik pakaian tersebut telah dianggap bisa maka tidak salah kalau kita menerapkan kegiatan pengembangan yang telah direncanakan. Pengembangan ini bisa dari aneka macam macam sisi mulai dari sarana prasarana, pelayanan, produk bahkan juga pemasaran.

Contoh sederhananya kita bisa menambah koleksi produk butik yang sudah ada dengan yang lebih lengkap, atau kita juga bisa berbagi sistem pemasaran gres dengan mulai merambah ke sistem pemasaran online dan lain sebagainya.

Meski tidak dapat dijadikan patokan dan contoh kesuksesan urusan ekonomi namun aneka macam Tips Mengembangkan Bisnis Butik Pakaian di atas bisa kita pertimbangkan sebagai salah satu langkah dalam memaksimalkan kinerja urusan ekonomi yang sedang kita kelola. Itu saja hari ini semoga bermanfaat.