Sunday, June 4, 2017

Contoh Usaha Kecil dan Menengah yang Mudah Sukses

Contoh Usaha Kecil dan Menengah yang Mudah Sukses - Lagi-lagi kita harus berjibaku dengan analisa untuk menerima banyak sekali data akurat mengenai sebuah jenis perjuangan kecil yang prospeknya menjanjikan. Hal yang sangat membosankan, menjemukan, memusingkan namun peranannya sangat penting bagi kesuksesan perjuangan yang akan didirikan. 

Contoh Usaha Kecil Menengah Mudah Sukses

Jika kita ingin mendirikan sebuah perjuangan kecil atau menengah maka kita mampu mulai dengan mencari dan mempelajari usaha kecil dan menengah yang tergolong mudah sukses. Informasi mengenai jenis perjuangan tersebut akan kita olah dan kita pelajari lebih lanjut.

Harapannya semoga dapat kita gunakan sebagai materi pertimbangan dalam merumuskan perencanaan perjuangan yang akan kita jalankan. Informasi ini sangat penting dan akan ikut menentukan sukses tidaknya perjuangan kita ke depan. Tahu perjuangan apa saja yang mudah sukses?

Tentunya kita semua tahu bahwa pada dasarnya tidak ada satu pun perjuangan yang mudah sukses. Semua perjuangan pasti ada kendala perjuangan dan hambatan nya masing-masing. Untuk itu harus kita ingat bahwa dalam mencari info mengenai jenis perjuangan yang mudah sukses kita akan mencari info mengenai banyak sekali jenis dan bidang usaha.

Jenis dan bidang perjuangan itu dicari yang potensi kesulitannya paling sedikit dan potensi kesuksesannya atau peluang perjuangan tersebut paling besar. Kaprikornus yang mudah sukses disini yaitu yang paling sedikit resiko hambatannya dan prospeknya paling bagus.

Sebelum kita hingga pada jenis perjuangan yang dimaksud sebaiknya kita ingat kembali apa pengertian perjuangan kecil menengah dan apa saja jenisnya. Usaha kecil menengah atau sering di singkat dengan UKM yaitu perjuangan skala rumahan dan berbasis perjuangan kerakyatan. Jenis-Jenis Usaha Kecil Menengah setidaknya terdiri dari 3 jenis yaitu sebagai berikut:
  1. Usaha Manufaktur (Manufacturing Business), yaitu perjuangan yang mengubah input dasar menjadi produk yang mampu dijual kepada konsumen. Kalau anda bingung, contohnya yaitu konveksi yang menghasilkan pakaian jadi atau pengrajin bambu yang menghasilkan mebel, hiasan rumah, souvenir dan sebagainya.
  2. Usaha Dagang (Merchandising Business), yaitu perjuangan yang menjual produk kepada konsumen. Contohnya yaitu sentra jajanan tradisional yang menjual segala macam jajanan tradisional atau toko kelontong yang menjual semua kebutuhan sehari-hari.
  3. Usaha Jasa (Service Business), yakni perjuangan yang menghasilkan jasa, bukan menghasilkan produk atau barang untuk konsumen. Sebagai rujukan yaitu jasa pengiriman barang atau warung internet (warnet) yang menyediakan alat dan layanan kepada konsumen semoga mereka mampu browsing, searching, blogging atau yang lainnya.

Kaprikornus apakah perjuangan kita dapat dikategorikan perjuangan kecil? Ya, itu hanya sekedar komplemen info saja. Sekarang kita kembali ke masalah Usaha Kecil Menengah yang Mudah Sukses. Jenis perjuangan kecil menyerupai apa sih yang tingkat kesuksesan perjuangan tersebut tinggi? Beberapa rujukan yang mampu kita pertimbangkan antara lain sebagai berikut:
  1. Usaha ternak bebek
  2. Usaha budidaya lada
  3. Usaha les privat
  4. Penulis artikel di website
  5. Bisnis tanaman buah anggur
  6. Program afiliasi online
  7. Usaha toko mainan anak
  8. Usaha toko laptop
  9. Usaha jual beli komputer

Jenis perjuangan yang mudah sukses tidak mampu ditentukan secara gradual atau acak. Kita masing-masing harus menentukan sendiri apakah suatu perjuangan mampu dikategorikan ke dalam perjuangan yang mudah sukses atau tidak.

Untuk dapat melaksanakan hal ini maka setidaknya kita harus mempertimbangkan beberapa hal yang berkaitan dengan jenis perjuangan tersebut. Suatu perjuangan dapat dikatakan sebagai urusan ekonomi kecil yang mudah sukses jika:

1. Persaingannya kecil
2. Potensi undangan produk selalu tinggi
3. Potensi laba jual tinggi
4. Tersedia sarana dan prasarana pendukung
5. Bahan baku produk tersedia dalam jumlah yang cukup

Usaha yang tingkat persaingannya kecil tentu saja akan lebih mudah sukses bila dibandingkan dengan jenis perjuangan yang memiliki persaingan begitu ketat. Dengan persaingan yang kecil kita mampu memiliki waktu lebih banyak untuk membuatkan produk usaha, membuatkan jaringan dan menjaga serta meningkatkan kualitas layanan. Dengan demikian perjuangan mampu berjalan lebih lancar. 

Hal berikutnya yang menentukan rupawan tidaknya sebuah perjuangan yaitu mengenai undangan konsumen terhadap produk yang disediakan. Coba lihat, coba ukur dan pelajari apakah sepuluh tahun lagi masih banyak orang yang membutuhkan produk atau jasa yang kita tawarkan?

Dalam menentukan perjuangan yang lebih mudah sukses kita juga dapat mempertimbangkan mengenai laba usaha. Dalam hal ini coba kita cek selisih antara biaya produksi dan harga jual. Tentukan kisaran besarannya, dengan begitu kita mampu menentukan seberapa besar potensi keuntungan (laba) yang mampu diperoleh.

Selain itu, untuk menerima kesuksesan, sebuah perjuangan juga membutuhkan perlindungan sarana dan prasarana yang cukup. Termasuk di dalamnya yaitu persoalan transportasi, perizinan dan lain sebagainya. 

Lalu bagaimana dengan ketersediaan materi baku, apakah mencukupi bahkan untuk 20 tahun lagi? Jika materi bakunya tersedia maka perjuangan akan tetap berjalan namun bila materi bakunya langka, setinggi apapun undangan pasti tidak dapat dipenuhi dengan mudah. Jadi, kita juga harus mengukur materi baku yang tersedia untuk perjuangan tersebut.

Jadi, kesimpulannya yaitu kita dapat menilai dan menentukan sendiri usaha yang mudah sukses dengan banyak sekali kriteria di atas sesuai dengan kawasan masing-masing. Untuk gambaran saja, beberapa jenis perjuangan yang mampu masuk dalam kategori ini antara lain:

1. Usaha kuliner
2. Usaha pakaian
3. Usaha jasa
4. Usaha jual beli

Tentu saja, jenis perjuangan di atas masih perlu kita analisa lebih jauh sesuai dengan kondisi tempat usahanya. Paling tidak, beberapa contoh perjuangan kecil menengah di atas mampu menjadi gambaran kita dalam menentukan langkah perencanaan yang matang. Itu saja, silahkan dilanjutkan dengan beberapa pembahasan lain di bab bawah.