Monday, June 5, 2017

Berbagai Jenis Hambatan Usaha Kecil yang Perlu Diketahui

Berbagai Jenis Hambatan Usaha Kecil yang Perlu Diketahui - Usaha dengan skala kecil memang menjadi salah satu pembahasan yang cukup panjang di sini. Memang, hal ini disebabkan karena khusus untuk urusan ekonomi ibarat ini memang perlu persiapan yang cukup baik.

Hambatan - Hambatan Usaha Kecil

Berbagai analisa juga sangat dibutuhkan sebelum menjalankan atau membuka urusan ekonomi ini. Kalau kemarin kita sudah mencoba membahas mengenai tips sukses perjuangan modal kecil sekarang yang akan kita pelajari yakni beberapa hambatan perjuangan kecil yang sering dijumpai dalam urusan ekonomi ini.

Kenapa kita harus mempelajari mengenai hambatan perjuangan tersebut? Apakah tidak cukup bagi kita hanya mempersiapkan segala sesuatunya dengan perencanaan yang matang?

Tentu saja tidak, dalam banyak sekali pembahasan yang lalu juga telah ditekankan bahwa sebelum membuka sebuah urusan ekonomi kita harus mempelajari banyak sekali aspek yang berkaitan dengan hal tersebut. Ada analisa peluang usaha, membuat perencanaan yang matang, mempersiapkan sarana dan prasarana dan lain sebagainya.

Khusus untuk pembahasan ini kita akan mengulas lebih detail mengenai gambaran banyak sekali kesulitan yang akan dihadapi oleh kita sebagai pelaku usaha.

Disini kita akan membahas banyak sekali kendala yang dihadapi, mempelajari seberapa besar pengaruhnya terhadap urusan ekonomi kita dan bagaimana cara mengatasi banyak sekali kendala tersebut.

Diharapkan dengan membahas banyak sekali gosip berkaitan dengan hambatan perjuangan kecil tersebut maka perjuangan yang kita jalankan bisa berjalan lebih lancar.

1) Hambatan dari Faktor Internal

Berbagai hambatan perjuangan yang sering dihadapi oleh pelaku perjuangan skala kecil dapat berasal dari banyak sekali faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Untuk faktor internal, banyak sekali hambatan cenderung berasal dari dalam perjuangan itu sendiri. Hambatan ini bisa berasal dari pelaku usahanya sendiri, sarana prasarana dan lain sebagainya.

Berbagai hambatan atau kesulitan yang berasal dari faktor internal sesungguhnya dapat kita kenali dengan mudah kalau kita mengadakan analisa dan persiapan sebelum mendirikan sebuah perjuangan kecil. Beberapa yang tercatat menjadi kendala dari faktor internal yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Kurangnya Permodalan dan Terbatasnya Akses Pembiayaan
2. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)
3. Lemahnya Jaringan Usaha dan Kemampuan Penetrasi Pasar
4. Mentalitas Pengusaha

Biasanya, kebanyakan pelaku urusan ekonomi kecil memang memiliki keterbatasan dalam hal dana atau modal. Hal ini terang terlihat dari skala perjuangan yang dijalankan. Kan bisa dilihat, kalau modalnya banyak maka perjuangan yang akan dibuka tentu skala-nya bisa lebih besar.

Kebanyakan dari kita pelaku urusan ekonomi kecil sesungguhnya telah mengetahui dan menyadari besar mengenai tantangan yang satu ini. Namun meski begitu tidak semua dari kita bisa merumuskan seni administrasi pemecahan problem untuk permodalan tersebut.

Kaum profesional yang memiliki kemampuan memadai bisa mendirikan sebuah perjuangan yang diinginkan. Meski tidak memiliki modal yang cukup mereka bisa mencari sumber pendanaan sehingga urusan ekonomi yang didirikan bisa lebih besar.

Berbeda dengan kita yang memang juga memiliki keterbatasan dalam hal kemampuan. Ini menjadi hambatan berikutnya yang sesungguhnya harus kita pikirkan dan kita pecahkan. Kualitas sumber daya insan yang kurang mendukung juga banyak menjadi kendala bagi kita yang memiliki urusan ekonomi kecil ini.

Bukan hanya itu, jaringan perjuangan dan penetrasi pasar juga menjadi hal berikutnya yang dapat menghantui kita dalam menjalankan dan membuatkan urusan ekonomi tersebut. Apalagi kalau kita melihat pada kualitas diri kita yang sering kali kurang memiliki mentalitas sebagai pengusaha yang sukses.

Berbagai permasalahan atau hambatan di atas tentunya memang bersumber dari dalam urusan ekonomi kita sendiri. Karena itulah penting bagi kita untuk mengenali dan mendalami banyak sekali problem tersebut semoga dapat merumuskan penyelesaian problem yang dibutuhkan.

2) Hambatan dari Faktor Eksternal

Selain dari pada yang sudah dijelaskan di atas, banyak sekali faktor eksternal juga ada yang menjadi hambatan bagi berjalannya perjuangan kecil yang kita dirikan. Berbagai hambatan perjuangan kecil dari faktor eksternal tersebut mau tidak mau memang mensugesti kelancaran perjuangan yang kita miliki. Lalu apa saja hambatan eksternal tersebut?

Untuk jenis hambatan yang dapat dan sering ditemui oleh pelaku perjuangan khususnya skala kecil bisa datang dari banyak sekali sisi. Berikut beberapa teladan kendala atau hambatan tersebut:

1. Terbatasnya Sarana dan Prasarana Usaha
2. Pungutan Liar
3. Persaingan dari luar
6. Sifat Produk dengan Ketahanan Pendek
7. Terbatasnya Akses Pasar
8. Terbatasnya Akses Informasi

Poin pertama akan tergantung pada kawasan tempat yang kita dirikan. Dalam hal ini sarana dan prasarana yang bisa menjadi hambatan sebagai teladan yakni terusan jalan, sarana tempat (ruko dan sebagainya) dan banyak sekali sarana umum lain yang berkaitan.

Ada juga problem pungutan liar atau pungli yang menjadi problem tersendiri bagi pelaku perjuangan kecil. Meski terkadang nilainya tak seberapa namun pada kenyataan sehari-hari sering ada satu dua tiga bahkan lebih pungutan yang harus di bayarkan oleh seorang pelaku usaha. Selain mengurangi pendapatan hal ini juga cukup memusingkan bagi pelaku usaha.

Belum lagi kalau ditambah dengan persaingan, sebagai teladan sistem pasar bebas yang suka atau tidak suka akan memaksa seluruh pelaku untuk bersaing dengan banyak sekali pengusaha lain. Ini tentu bisa menjadi kendala yang cukup serius dan perlu kita pertimbangkan dengan matang.

Selain itu ada beberapa kendala lain yang mesti kita pecahkan yaitu problem ketahanan produk, terusan pasar yang terbatas dan juga terusan gosip yang kurang memadai. Kesemuanya itu harus benar-benar kita analisa dengan baik semoga kita dapat merumuskan banyak sekali seni administrasi penyelesaian yang tepat.

Berbekal dengan pengalaman perjuangan yang minim dan keterbatasan lain banyak sekali hambatan perjuangan kecil tersebut di atas kalau kita diperhitungkan tentu saja bisa menjadi bumerang bagi kita semua. Akan lebih baik kalau kita bisa mengetahui banyak sekali kendala yang akan kita hadapi di depan.