Friday, May 19, 2017

Tips Cara Membuat Banner Papan Nama untuk Tempat Usaha Anda


Banner papan nama semakin bertebaran di sepanjang jalan. Di kanan kiri Anda akan melihat banner-banner  berbagai jenis dan kebanyakan adalah banner untuk tempat usaha seperti toko, layanan jasa dan sebagainya. Mungkin agak berbeda dengan jaman dahulu dimana papan nama umumnya dibuat dengan cara tradisional seperti menggunakan kayu atau besi yang dirangkai dengan tulisan menggunakan cat maupun dengan huruf timbul.

Saat ini kebanyakan tempat usaha khususnya UKM lebih memilih menggunakan papan nama banner yang dicetak melalui perangkat digital. Biaya pembuatan papan nama banner diklaim lebih murah dengan desain tanpa batas dibandingkan dengan cara lama. Anda dapat memasukan gambar dan font apapun pada banner mengingat penggunaan teknologi digital yang pintar. Lagipula pembuatannya juga terbilang sangat cepat, bahkan untuk banner berukuran 3 x 4 meter bisa diselesaikan dengan mesin cetak dalam waktu setengah jam.

Sayangnay tidak semua pelaku usaha benar-benar mengerti bagaimana cara membuat banner papan nama yang ideal dan bagus. Yang terpenting bukanlah hebatnya dalam rancangan desain, namun utamanya adalah kenyamanan orang dalam membaca papan namanya. Sebelum Anda membuat banner papan nama untuk tempat usaha ada baiknya membaca tips berikut ini:

1. Ukuran Ideal


Yang dimaksud dengan ukuran ideal adalah ukuran banner yang pas pada tempatnya. Jangan sampai Anda emosi dengan membuat banner sepanjang 5 meter, padahal area tempat usaha Anda hanya 4 meter. Untuk dapat terlihat baik, sebuah banner idealnya memiliki ukuran 2 sampai 3 meter yang terpasang dibagian atas kios.

2. Penggunaan Font Besar


Penggunaan font besar adalah wajib agar orang yang melihat dapat membacanya secara jelas. Penggunaan huruf yang kecil ukurannya tentu saja kurang ideal, dan bisa saja orang sulit membacanya. Masih sering ditemui banner dengan jenis kecil dan sulit dibaca sekilas. Ingat, orang yang melihat banner biasanya orang yang lewat menggunakan kendaraan, maka dari itu banner harus mudah dibaca sekilas.

3. Tulisan Tidak Boleh Banyak


Sebuah banner papan nama utama, sebaiknya tidak menggunakan tulisan yang banyak dan bertumpuk-tumpuk. Tentu akan sangat menyulitkan dan kurang ideal. Anda sedang tidak membuat banner untuk acara panggung 17 agustus, cukup tulis nama usaha dan apa jenis usahanya.

Sebagai contoh, bagian atas banner tertulis ‘FANTASY GAME’ dengan ukuran besar, kemudian dibagian bawahnya tertulis ‘game online center, jual cash dan service komputer’. Tulisan dengan jumlah itu sudah cukup, tidak terlalu banyak dan sekiranya mudah dibaca sepintas.

4. Gunakan Desain Gambar Sederhana


Masih sering ditemui banner-banner yang penuh gambar, memusingkan dan tidak enak dipandang. Cukup gunakan satu gambar sebagai logo tempat usaha Anda, tidak perlu memenuhi banner dengan banyak gambar apalagi sampai menutupi tulisan.

Pastikan gunakan gambar yang relevan sesuai dengan tempat usaha Anda atau bisa juga menyematkan gambar produk yang dijual. Sepertinya juga tidak perlu memasukan foto keluarga Anda pada banner papan nama.

5. Penggunaan Warna Sedikit


Mengapa warna background banner hanya boleh sedikit saja? Alasannya sama seperti diatas, agar orang lebih nyaman dalam melihatnya. Penggunaan warna yang banyak justru akan memusingkan, kurang menarik. Cukup gunakan satu warna kemudian satu variasi warna sebagai palet, itu sudah cukup. Banner dengan warna ramai justru membuat orang terganggu saat ingin membaca tulisannya. Padahal yang terpenting adalah tulisan, bukan warna.

6. Warna Font yang Jelas


Dengan warna background banner hijau muda, kemudian Anda menggunakan font dengan warna kuning. Tentu kurang ideal, dan lebih cocok dengan warna hitam atau merah karena lebih mencolok dan jelas. Jangan lupa untuk memberi fitur border pada font untuk lebih mempertegas.


7. Gambar Tidak Pecah


Dalam pembuatan banner perhatikan gambar atau bahkan font yang Anda buat. Pastikan pixel tidak pecah, sehingga penggunaan gambar dengan resolusi besar adalah wajib. Selain itu, carilah jasa pembuatan banner yang terpercaya dan mampu menghasilkan banner berkualitas. Terutama adalah kualitas warna dan ketebalan bahan.