Tuesday, May 23, 2017

Mengenal Arti Disclaimer Dalam Situs Website, Anda Harus Tau


Ketika Anda mengunjungi situs website mungkin Anda hanya terfokus pada konten atau artikel yang diposting. Atau Anda lebih suka melihat gambar-gambar yang terposting maupun sekedar mencopas tanpa ijin pemilik.

Tujuan utama dalam situs website memang untuk mempublikasikan konten yang dimilikinya. Tetapi jika Anda melihat ke bagian bawah, atau bagian pojok bawa maupun pojok atas ternyata ada beberapa menu yang jarang dikunjungi. Sebuah menu yang sebenarnya tidak terlalu penting bagi visitor tetapi cukup vital.

Biasanya terdiri dari beberapa Tautan seperti About Us yang berisi tulisan tentang situs website itu sendiri atau pemiliknya,  TOS (Terms of Service), Privacy Policy, Contact Us, Daftar isi, Disclaimer, dan menu lain sesuai yang disematkan owner. Nah, dalam artikel ini kami akan secara khusus membahas soal Disclaimer yang ternyata tidak banyak diketahui arti, maksud dan tujuannya.  Berikut ini ulasan tentang arti Disclaimer selengkapnya:

Apa Arti Disclaimer?


Dalam arti sesungguhnya, Disclaimer berarti sebuah penyangkalan atau penolakan. Arti kata ini sebenarnya berkesan cukup keras dan sering membuat orang bertanya-tanya, penolakan untuk hal apa? Disclaimer dalam situs online adalah untuk menyatakan bahwa yang terkandung dalam sebuah halaman website terkait merupakan sebatas informasi maupun gambaran umum.

Jadi seluruh yang terkandung pada sebuah website tersebut secara umum tidak ditujukan sebagai suatu nasehat professional serta informasi paten dan para pembaca bisa meminta nasehat kepada pihak yang lebih profesional atau dianggap sudah berkompeten sesuai dengan masalah tersebut. Selain itu Disclaimer juga mengartikan bahwa pemilik website tidak bertanggung jawab atas kerugian yang mungkin bisa dialami oleh pembaca.

Lebih lanjut lagi Disclaimer menjadi sebuah peringatan kepada pihak pembaca maupun publik tentang kualitas barang nyata, tulisan artikel, anjuran, advis, ramalan serta benda abstrak lainnya. Dari sini mungkin Anda sudah memahami tentang arti Disclaimer? Sederhananya seluruh kerugian yang diakibatkan karena mengikuti anjuran tulisan di website menjadi tanggung jawab masing-masing secara penuh, bukan menjadi tanggung jawab penulis.

Jika demikian, bukankah Disclaimer justru menjadi tempat perlindungan bagi pemilik website atas kejadian yang tidak diinginkan? Bisa dikatakan demikian, karena Disclaimer memang bertindak perlindungan untuk pemilik website sebagai pemberi informasi. Dengan adanya Disclaimer pengunjung dan pembaca suatu website secara otomatis dianggap sudah bersedia menerima syarat maupun ketentuan yang berlaku termasuk Dislcaimer.

Tips Membuat Disclaimer


Untuk menuliskan Disclaimer hendaknya Anda sudah memahami tentang isi konten dan hukum online. Berikut ini tips membuat Disclaimer yang ideal:

#1. Disclaimer bisa ditulis dalam bahasa Indonesia, tetapi pastikan Anda memperingatkan bahwa Disclaimer boleh di terjemahkan ke dalam bahasa lain untuk mempermudah pemahaman. Tetapi bila arti dan maknanya menjadi berbeda, menjadi bukan tanggung jawab penulis.

#2. Tulislah bahwa Disclaimer ditujukan untuk seluruh konten, termasuk tulisan dan gambar yang ada. Sebagai salah satu contohnya adalah dengan menuliskan “Seluruh konten dalam bentuk teks, gambar, suara serta bentuk grafis yang disampaikan kepada publik merupakan tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab penulis”.

#3. Akan lebih baik jika Anda memberikan keterangan ketentuan waktu Disclaimer. Kebanyakan penulis akan mencantumkan bahwa Disclaimer berlaku hingga kapan pun.

#4. Discaimer bukan hanya untuk konten Anda saja, tetapi berilah keterangan Disclaimer untuk iklan yang (mungkin) ada pada situs website Anda. Seluruh materi iklan yang ada di situs website bukan tanggung jawab pemasang iklan (advertiser). Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari permasalahan dimasa depan apabila pemilik iklan melakukan kerugian.

#5. Disclaimer lainnya mungkin adalah untuk link menuju situs lain. Ini jika situs website Anda memiliki link untuk menuju halaman lain diluar website. Katakanlah bahwa Anda tidak bertanggung jawab tentang materi di situs lain tersebut.

Disclaimer sebenarnya terlihat seperti sebuah peraturan sepihak, tetapi memang dengan cara itulah pemilik website akan terlindungi. Disini kami berharap Anda mengerti tentang Disclaimer. Bagi Anda pemilik situs website yang belum mencantumkan Disclaimer segeralah untuk membuatnya. Dan bagi Anda seorang visitor, pastikan untuk mematuhi segala Disclaimer.