Sunday, May 28, 2017

Cara Mengubah Akun Facebook yang Pemiliknya Sudah Meninggal


Ada sekitar 1.3 miliar orang yang sudah memiliki jejaring sosial Facebook. Sebuah jumlah angka yang begitu sangat fantastis dan mencengangkan, jauh melebihi jejaring sosial lainnya. Lalu, jika Anda mencari statistik data kematian, ada lebih dari 50 juta orang meninggal dunia setiap tahunnya. Bahkan ketika browsing di Google, kami menemukan situs yang menuliskan bahwa pada tahun 2010 ada sekitar 66 juta penduduk dunia meninggal dunia.

Berbicara mengenai kematian, kami sedang tidak mengkampanyekan program kesehatan atau memberikan ulasan lengkap mengenai permasalahan angka harapan hidup disuatu negara. Namun yang sedang kami ulas adalah mengenai bagaimana nasib akun Facebook yang pemiliknya sudah meninggal dunia?

Memang ketika teman Facebook Anda meninggal dunia, ada banyak ucapan bela sungkawa pada kronologinya. Selanjutnya bagaimana? Tidak lain dan tidak bukan, selanjutnya akun Facebook yang pemiliknya meninggal dunia akan terbengkalai dan tidak ada yang mengelolanya.

Sebenarnya mengenai akun Facebook yang pemiliknya sudah tidak ada, Anda bisa melakukan perubahan akun. Ya, pihak Facebook memiliki kebijakan tersendiri untuk pengguna yang sudah meninggal, yakni mengganti statusnya menjadi akun memorial  atau mengajukan penghapusan akun kepada Facebook. Berikut penjelasan selengkapnya:

Permintaan Mengubah Akun Memorial


Untuk kerabat, sahabat, teman, saudara atau orang tua Anda yang sudah meninggal, sementara mereka memiliki akun Facebook. Anda bisa mengubah akun tersebut menjadi akun memorial atau akun kenangan.

Pengubahan menjadi akun memorial memungkinkan Anda masih dapat mengakses akun dari orang yang sudah meninggal, namun statusnya sebagai akun kenangan. Facebook akan memberikan keterangan bahwa pemilik akun tersebut sudah meinggal pada profilnya.

Bagi Anda yang memiliki kerabat atau saudara yang sudah meninggal Anda bisa mengajukan pengubahan akun memorial. Berikut caranya:

Akses Facebook Help atau bisa langsung masuk ke link ini https://www.facebook.com/help/contact/228813257197480

Anda akan dihadapkan pada halaman tentang pengajuan perubahan akun menjadi memorial atau kenangan. Facebook menyampaikan turut berduka cita serta menghargai kesabaran maupun pengertian Anda selama proses berlangsung karena akan cukup lama.

Selain itu dalam proses ini Anda juga akan di sumpah, karena pengajuan ini memang semata-mata digunakan untuk melaporkan kronologi bagi orang yang telah meninggal dunia agar akun Facebooknya dijadikan kenangan.


  1. Langkah pertama silahkan isi nama lengkap almarhum pada kolom yang tersedia.
  2. Langkah kedua Anda diminta untuk mengisi tautan dari profil orang yang sudah meninggal. Hal ini dilakukan karena ada banyak orang memiliki nama yang sama, sehingga fungsi penyematan tautan ke pengajuan ini akan membantu agar Facebook dapat memastikan orang yang benar.
  3. Masukan alamat email dari akun yang sudah meninggal.
  4. Memberikan keterangan hubungan Anda dengan almarhum. Cukup dengan mencentang salah satu dari tiga opsi, keluarga inti, keluarga besar atau bukan keluarga.
  5. Beri keterangan waktu meninggal, dengan opsi tahun dan bulan.
  6. Anda juga bisa menyertakan bukti meninggal dunia seperti memasukan tautan berita meninggalnya atau artikel lain yang bisa membuktikan.
  7. Centang kembali keterangan permintaan ‘Menjadikan akun sebagai kenangan’.
  8. Selanjutnya adalah memasukan alamat email Anda sebagai orang yang mengajukan permintaan memorial ini. 
  9. Langkah terakhir adalah Kirim dan verifikasi lebih lanjut.


Permintaan Penghapusan Akun


Selain bisa mengubah menjadi akun memorial, Anda bisa mengajukan penghapusan akun milik orang yang sudah meninggal.

Langkah-langkahnya hampir sama seperti langkah diatas, masuk pada link ini https://www.facebook.com/help/contact/228813257197480 :


  1. Pertama memasukan nama lengkap Anda pada kolom
  2. Masukan alamat email Anda
  3. Kemudian masukan nama almarhum pada akun Facebooknya
  4. Masukan pula alamat  email dari almarhum. Namun jika email tersebut bukan email yang digunakan membuat akun, pihak Facebook bisa memaklumi.
  5. Masukan tautan atau URL dari akun almarhum
  6. Pilihlah opsi hubungan Anda dengan almarhum, keluarga inti, keluarga besar atau bukan keluarga.
  7. Pilih opsi mengajukan penghapusan akun ‘hapus akun ini’.
  8. Tambahkan waktu meninggal, tahun dan bulan
  9. Facebook selanjutnya meminta Anda untuk mengupload bukti kematian seperti akta kematian, surat kuasa dan sebagainya. 
  10. Anda bisa juga menambahkan keterangan lain pada kolom paling bawah
  11. Terakhir klik ‘Kirim’.