Monday, May 8, 2017

8 Macam Bisnis Online yang Populer di Indonesia, Anda Pilih Mana?


Banyak yang sering mengatakan bisnis online, namun pada akhirnya para pemula justru merasa kebingungan dengan istilah dan bahasa-bahasa asing yang mungkin baru didengar. Bisakah menerangkan bisnis online yang lebih sederhana dan tidak membingungkan? Sebelumnya itu patut dipahami dahulu bahwa yang namanya bisnis online adalah sesuatu yang kemungkinan tidak terbatas.

Apapun yang menghasilkan uang melalui penggunaan jaringan (daring/online) bisa termasuk dalam kategori bisnis online. Bisnis online tidak selalu berbicara soal membuat blog dengan mengoptimisasi kata kunci, atau tidak selalu tentang Google Adsense.

Berikut ini kami akan memberikan contoh beberapa macam bisnis online yang bisa Anda jalankan. Cocok bagi Anda yang memang sudah menginginkan sebuah pekerjaan yang dikerjakan secara online:

1. Bisnis Google Adsense


Program Google Adsense memang sedang banyak diburu karena keuntungan yang maksimal dan tidak aneh bila terkadang banyak orang awam yang selalu mengkaitkan bisnis online dengan program ini.

Metode bisnis ini adalah penempatan sebuah kolom iklan pada sebuah halaman web maupun blog. Semakin banyak visitor halaman yang mengklik kolom iklan, maka keuntungan akan semakin besar didapat.

2. Program Affiliate


Hampir sama dengan Google Adsense, program Affiliate adalah program kerjasama (afiliasi) antara pemilik halaman web atau blog dengan pihak pemilik produk maupun jasa untuk penempatan iklan pada halaman yang terkait. Karena merupakan kerjasama langsung, maka metode pembayaran bisa disepakati bersama.

Ada program Affiliate yang menggunakan metode PPC seperti Adsense, namun ada pula Affiliate yang menggunakan metode fee per order. Bayaran akan diterima setelah ada order yang masuk melalui halaman terkait.

3. Penjualan Produk


Penjualan produk, tentu hampir sama dengan dagang pada umumnya. Hanya saja kali ini Anda harus menggunakan layanan internet dengan menggunakan situs web resmi, forum, blog maupun sosial media.

Penggunaan katalog, penulisan deskripsi produk, dan harga penting pada bisnis semacam ini. Tentu segala barang atau produk bisa Anda jual melalui online selama itu adalah barang yang bermasalah dengan hukum.

4. Marketplace


Sebuah metode bisnis yang kebanyakan dijalankan bagi mereka yang banyak modal. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan bisnis marketplace.

Metode bisnis ini adalah dengan menyediakan sebuah ruang halaman situs untuk pemilik produk dan jasa menempatkan apa yang mereka jual pada Marketplace. Keuntungan bisa diambil dari order yang dilakukan langsung melalui Marketplace.

5. Menulis Artikel


Bisa dikatakan sebuah bisnis namun beberapa orang mengatakan ini sama dengan pekerjaan sebagai karyawan online. Jasa penulisan artikel memang bisnis yang cukup menguntungkan karena semakin banyak situs web atau blog baru yang bermunculan dan membutuhkan konten-konten dalam jumlah banyak serta berkualitas.

Tidak semua pemilik web atau blog memiliki skill menulis yang baik, sehingga harus menggunakan jasa orang lain.

6. Jasa Desain Grafis


Desain grafis menjadi pekerjaan yang dapat dijalankan secara online. Bahkan mungkin beberapa ahli desain tidak memiliki toko dan papan nama, namun menjual jasanya melalui internet. Mereka mengunggah banyak portopolio dan menerima order dari internet.

Pengiriman sudah jelas memanfaatkan email atau layanan lain. Memiliki skill desain grafis? mengapa tidak ditawarkan di internet?

7. Reseller dan Dropshiper


Kedua bisnis yang cukup populer dan banyak dijalankan. Untuk yang pertama adalah reseller online dimana pelakuknya merupakan mereka yang bekerja untuk menjual kembali produk serta jasa dari distributor maupun langsung dari produsen.

Tentu seorang reseller telah memiliki persediaan stok serta persediaan barang, Anda memerlukan modal lebih dulu untuk metode bisnis ini. Sedangkan  dropshiper adalah teknik pemasaran online dimana pelakunya bertindak sebagai penerus order saja sehingga tidak perlu menyimpan stok barang seperti reseller.

Segala macam rincian orderan yang diterima seperti jenis produk dan pengiriman akan diberikan kepada produsen, distributor maupun supplier yang digandeng.

8. Gambling/ Judi Online


Apakah ini termasuk bisnis online? Sebenarnya bisa dikatakan demikian karena Anda bisa mendapatkan uang secara online. Ada banyak situs yang menawarkan permainan atau berbagai perjudian. Namun bisnis ini tentu tidak direkomendasikan karena sudah tentu melanggar hukum dan agama.

Masih banyak metode bisnis online yang ada, tinggal Anda ingin yang mana?