Friday, April 7, 2017

Tips Menggunakan Gambar Untuk Artikel di Website


Sebuah artikel tanpa keterangan atau ilustrasi gambar seperti halnya sayur tanpa garam. Tidak berasa, kurang menarik dan Anda seperti seorang yang malas atau mungkin tidak mampu membuat gambar pada sebuah artikel. Jadi kesimpulannya sebuah gambar pada artikel adalah suatu kewajiban, apapun jenis dan kategori artikel itu.

Namun bukan berarti Anda bisa asal-asalan dalam menempatkan sebuah gambar untuk artikel karena semakin gambar bagus semakin membuat situs Anda terlihat bonafit. Visitor akan menganggap kualitas dan keunikan gambar juga seperti mencerminkan kualitas artikel.

Nah, bagi Anda yang masih pemula dalam dunia blogging atau menulis di website penting untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan gambar untuk artikel yang baik. Mana gambar yang pas, cocok dan sesuai, dan mana gambar yang sebaiknya tidak boleh digunakan.

Berikut ini kami akan mengulas lebih dalam tentang tips dan cara menggunakan gambar untuk ilustrasi artikel:

1. Gambar berhubungan dengan tema artikel

Mengenai ini, anak SD pun tahu bahwa untuk menghasilkan konten menarik maka Anda harus menerapkan sebuah gambar yang sesuai dengan tema artikel. Sebagai contoh Anda sedang membahas mengenai “dampak narkoba terhadap generasi muda”, gambar yang sangat cocok diterapkan adalah jarum suntik dengan tengkorak.

Sebuah gambar juga akan ikut menerangkan dan membuat orang lebih memahami tulisan. Tidak ada alasan untuk menerapkan gambar yang sama sekali tidak sesuai dengan tulisan.

2. Kualitas gambar tinggi

Menggunakan foto asal-asalan akan sangat merugikan website Anda. Jadi pastikan Anda hanya menggunakan gambar berkualitas baik itu berupa foto maupun illustrasi grafis. Foto yang tidak memiliki noise, tajam, resolusi mencukupi (pixel tidak pecah), pencahayaan bagus, tidak terdapat Purple Fringing atau Chromatic Aboration dan memiliki nilai seni adalah syarat utama.

Anda bisa lihat sendiri, manakah website bonafit yang menerapkan gambar artikel yang tidak berkualitas?

3. Website stock foto menjadi solusi

Jika Anda merasa tidak memiliki kemampuan untuk memotret yang bagus atau skill desain grafis mumpuni, website penyedia stock foto menjadi solusi terakhir. Disana Anda bisa mendapatkan gambar-gambar yang begitu sangat berkualitas dan terdiri dari berbagai kategori. Pastinya Anda akan menemukan gambar yang sesuai dengan konten artikel.

Biaya lisensi yang terjangkau menjadi alasan utama ketimbang Anda harus menyewa fotografer professional yang lebih mahal. Beberapa contoh website penyedia stock foto (stock photo agency) terkenal diantaranya adalah ShutterStock, istockphoto, dan situs stock foto yang lainnya.

4. Jangan asal mengambil gambar

Anda bisa saja menulis pada mesin pencari Google dan mengambil salah satu gambar yang dianggap cocok. Tetapi sebaiknya perhatikan beberapa hal untuk langkah ini, salah satunya adalah soal lisensi dan hak cipta.

Pastikan Anda hanya menggunakan gambar resmi atau gambar yang sudah di izinkan oleh si pemilik sah. Menggunakan gambar berhak cipta tanpa ijin sama saja dengan mencuri.

5. Gambar tidak terlalu ribet

Dalam dunia stock fotografi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya mengenai isi gambar. Stock foto untuk kebutuhan artikel tidak perlu dibuat dengan elemen yang banyak alias tidak perlu ‘ribet’. Bahkan foto dengan latar belakang polos lebih diminati, khususnya warna putih polos atau hitam polos. Hal ini membuat orang dalam melihat akan langsung tertuju pada point of interest gambar.

Komposisi juga perlu diperhatikan, terutama dalam pengambilan rule of third, garis vertikal dan horizontal sebagai patokan komposisi. Sebagai contoh dalam artikel yang membahas soal ‘bisnis yang hampir bangkrut’, Anda bisa membuat gambar dimana terlihat orang yang sedang memakai kemeja dan jazz rapih dengan mood atau raut wajah yang sedih, serta dengan latar belakang putih polos. Foto bokeh masih bisa digunakan selama titik fokus utama tetap tajam dan lebih berseni.

6. Gambar vektor unik

Jika Anda hendak memasukan gambar vektor, gunakanlah gambar desain vektor yang unik. Bisa berupa tipografi, ilustrasi yang berhubungan dengan tulisan kreatif. Selama memnuhi syarat kualitas, maka jangan ragu untuk memasukannya pada konten website Anda.

7. Lihat contoh 

Masuklah pada situs web luar negeri yang bonafit, dan lihat gambar-gambar stock yang digunakan. Anda bisa mendapatkan referensi dan inspirasi, mana gambar-gambar yang cocok dan pas dimasukan konten sendiri. Jangan takut untuk lebih kreatif.