Friday, April 7, 2017

Mengenal STEAM – Situs Distributor Game Terbesar di Dunia


Dimana Anda mendapatkan game-game untuk di install pada perangkat PC? Mungkin dari blogspot, dari link unduhan ilegal, copy dari komputer teman atau dari media distribusi bajakan. Pada akhirnya memang game-game yang bukan resmi banyak di install karena gratis dan tanpa ribet. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ada cara mudah untuk mendapatkan software game secara legal dan orisinil dengan mudah.

Kunjungi saja situs distributor game, dan salah satu yang cukup populer adalah situs STEAM dengan alamat di http://store.steampowered.com/. Bagi para maniak gamer PC, STEAM sudah bukan nama yang asing karena hampir sebagian besar developer dan publisher game PC menjualnya pada situs STEAM.

Mengenal STEAM

Steam merupakan distributor permainan digital (game digital) yang dimiliki oleh perusahaan Valve. STEAM secara umum menyediakan berbagai game PC secara legal. STEAM menawarkan sebuah cara pembelian yang cepat dan mudah via pembayaran daring dengan memanfaatkan media unduhan.

Jadi jangan kira ini adalah situs penjual produk kaset game, karena seluruh media distribusi adalah berupa perangkat lunak. Kehadiran layanan situs STEAM ternyata lumayan berhasil menekan pembajakan game yang marak terjadi.

Steamwork

Ada salah satu keunggulan dari layanan STEAM, yakni tersedianya Steamwork. Apakah itu Steamwork?   Ini merupakan sebuah sistem proteksi untuk game-game yang baru dimana pada cover display terdapat tulisan steam. Dengan Steamwork game akan mendapatkan perlindungan secara khusus agar terhindar dari pembajakan. Maka sebelum Anda menginstall Anda harus lebih dahulu memasukan identitas serta kata sandi STEAM untuk selanjutnya diverifikasi lewat internet.

Setelah sukses terverifikasi, maka game tersebut baru bisa di-install.  Akhirnya keamanan inilah yang membuat banyak developer mau menjadikan situs STEAM sebagai distributor resmi.

Interface STEAM

Kemudahan dan keramahan untuk pengguna adalah yang selalu menjadi keutamaan dalam situs STEAM. Untuk seorang pemula yang baru pertama kali membuka situs ini pun akan bisa cepat memahami. Menu yang tersedia pada halaman muka adalah Featured Items, Games, Software, Hardware, Demos, News dan For You.

Salah satu menu yang favorit untuk dibuka adalah menu Games, dimana Anda bisa melihat banyak sekali game-game yang diatur dalam banyak kategori. Anda bisa melihat game yang dijual berdasarkan genre, seperti game Action, Adventure, Casual, Indie, Massevly Multiplayer, Racing, RPG, Simulation, Sports, dan Strategy. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari game favorit. Sebagai contoh jika ingin membeli game F1 2015 Anda bisa langsung klik kategori Sports.

Tidak hanya pencarian game berdasarkan kategori genre, Anda juga bisa mencari game berdasarkan kategori sistem operasi. Sebenarnya sebagian besar game pada STEAM kompatibel untuk OS Windows, sehingga tersedia kategori khusus jika Anda ingin mencari game untuk OS Mac OS X, STEAM OS dan Linux.

Review lengkap untuk setiap game

Keseriusan STEAM menjual produknya terlihat dari lengkapnya review dari satu per satu game. Bayangkan saja, pada setiap game memiliki halaman sendiri untuk pengulasan lebih lengkap. Pertama Anda bisa melihat ulasan tentang game (about game), keterangan persyaratan sistem lengkap (System requirements), sampai gambar-gambar hasil screenshot dari game serta trailernya.

Jadi dengan review yang lengkap baik dari tulisan dan visual membuat calon buyer bisa mempertimbangkan apakah akan membeli atau tidak.

Game gratis tersedia

Apakah Anda sedang tidak memiki uang untuk membeli game? Jangan khawatir karena STEAM juga menyediakan daftar game gratis untuk di download melalui kategori Free to Play dengan link http://store.steampowered.com/genre/Free%20to%20Play/ . Anda bisa mengunduhnya secara gratis, meski kebanyakan adalah game-game dengan grafis ringan.

Fitur lain

Terdapat komunitas STEAM, yakni perkumpulan sesama pengguna STEAM. Anda dapat bergabung ke dalam Group, berkomunikasi lewat chat, sampai mengadakan turnamen. Fitur selanjutnya adalah Steam secara otomatis bisa mengunduh serta meng-update semua game yang Anda miliki. Jadi sudah tidak perlu lagi download patch-patch yang ribut karena Steam akan memastikan bahwa seluruh game yang terinstall akan diperbaharui dengan versi terbaru.

Sistem pembelian

STEAM memberlakukan sistem pembayaran via Paypal maupun lewat kartu kredit. Tetapi saat ini dikabarkan STEAM juga sudah mendukung pembelian menggunakan pulsa serta voucher, dengan melalui pihak ketiga.